Rabu, 20 Agustus 2008

Apa sih Black Bloc itu?

Apa sih Black Bloc itu?

Black Bloc adalah sekumpulan anarkis dan grup afiniti anarkis yang bergabung bersama untuk sebuah aksi protes tertentu. Pola dari Black Bloc berubah-ubah dari aksi ke aksi, tetapi tujuan utamanya adalah untuk menguatkan solidaritas dalam menghadapi represifitas polisi dan institusinya dan mengedepankan kritik-kritik anarkis terhadap isu-isu yang diangkat dalam aksi protes pada hari tersebut.

Apakah Black Bloc itu sebuah organisasi?

Beberapa orang telah salah mengerti dengan menganggap bahwa seseorang dapat bergabung dalam "organisasi Black Bloc". Tidak pernah ada organisasi Black Bloc yang muncul dalam protes-protes. Black Bloc adalah sebuah gerakan anarkis yang selalu eksis. Kalian bisa bayangkan Black Bloc sebagai sebuah kumpulan kontemporer dari para anarkis yang terwakili dalam sebuah kontingen dalam barisan protes.

Kenapa namanya Black Bloc?

Ada beberapa alasan kenapa anarkis melakukan pengelompokan Black Bloc dalam demonstrasi. Beberapa alasan tersebut antara lain adalah: 1) solidaritas - sebuah kelompok anarkis yang sangat massif diperlukan untuk melawan represifitas polisi dan hal tersebut juga mendemonstrasikan prinsip-prinsip dari solidaritas proletar; 2) penampakan - Black Bloc sebagai barisan gay-pride; 3) ide - ini salah satu cara menyampaikan kritik anarkis dalam sebuah aksi protes; 4) mutual aid dan asosiasi bebas - mengedepankan sebuah contoh nyata tentang bagaimana grup-grup afiniti dapat bergabung bersama dalam sebuah kelompok yang besar dan mengartikulasi tujuan yang sama; 5) eskalasi - sebuah metoda untuk memanaskan gerakan-gerakan protes sehingga aksi tersebut akan berkembang jauh daripad sekedar aksi reformis dan menunjuk langsung kepada ketidakadilan negara.

Darimana aslinya Black Bloc?

Black Bloc telah ada di Amerika Utara sejak sekitar saat terjadinya Perang Teluk (1991). Mereka mengambil inspirasinya dari gerakan Autonomen di Jerman yang eksis sekitar tahun 1980an. Gerakan ini terkenal dengan pertempuran-pertempuran jalanan melawan polisi, tetapi juga menggambarkan sebuah alternatif yang radikal pada gerakan-gerakan protes yang masih eksis hingga saat ini.

Apa contoh aksi-aksi Black Bloc di Amerika Utara?

Black Bloc tidak lahir pertama kali di Seattle Desember 99 lalu. Telah ada sejumlah aksi Black Bloc di berbagai demonstrasi sepanjang tahun 90an. Salah satu yang terbesar adalah aksi Black Bloc tahun lalu dalam demonstrasi "Millions For Mumia" di mana para partisipan aksi Black Bloc mencapai jumlah sekitar 1500 hingga 2000 orang. Ini adalah contoh baik tentang bagaimana aksi anti kekerasan Black Bloc memperlihatkan solidaritas terhadap Mumia Abu Jamal dan sekaligus mengingatkan para leftist yang juga ada dalam aksi tersebut bahwa tidak seharusnya menganggap anarkis itu tidak eksis—ini sebagai respon bagaimana para leftist mengklaim dalam sebuah koran leftist bahwa tak ada anarkis yang hadir dalam dukungan terhadap Mumia Abu Jamal.

Berikan daftar aksi-aksi Black Bloc yang sempat tercatat...

1992 - Washington DC - Aksi anti Perang Teluk. Jendela-jendela kaca gedung Bank Dunia dipecahkan.
1992 - San Fransisco - Columbus Day. Black Bloc memprotes 500 tahun dimulainya pembantaian suku Indian di Amerika.
24 April 1999 - Philadelpia - 1500 hingga 2000 anarkis tergabung dalam Black Bloc sebagai solidaritas atas Mumia Abu Jamal.
30 November 2000 - Seattle - Aksi anti WTO yang berakibat satu distrik pusat perbelanjaan mengalami "shoping anarkis".
16 / 17 April 2000 - Washington DC - Berada di bawah nama RACB (Revolutionary Anti-Capitalist Bloc) memprotes IMF dan Bank Dunia, sekitar 700 - 1000 anarkis bergabung dibawahnya.
May Day 2000 - Black Bloc muncul di New York, Chicago, dan Portland.
1 Agustus 2000 - Aksi protes jalanan selama diadakannya konvensi GOP.
Ini tidak termasuk aksi-aksi lain yang tersebar di sejumlah kota yang hanya dihadiri oleh sekitar 50 - 100 orang anarkis.

Apakah semua Black Bloc melakukan perusakan private property?

Tergantung. Black Bloc yang melakukan aksi protes di Seattle pada protes anti-WTO adalah salah satu aksi yang membuat Black Bloc dikenal secara nasional. Mereka melakukan berbagai aksi termasuk aksi penghancuran properti. Tapi hal ini bukanlah vandalisme random yang asal-asalan—hal ini dilakukan dengan alasan-alasan yang sangat politis. Lagipula, tidak semua Black Bloc dalam aksi tersebut berasal dari Eugene, Oregon. Dan tidak dalam setiap aksi Black Bloc dilakukan aksi penghancuran properti, hal ini tergantung dalam isu apa aksi tersebut dilakukan.

Kenapa Black Bloc memakai penutup muka?

Sebenarnya tidak semua anarkis Black Bloc mengenakan penutup muka. Bertahun-tahun lalu, beberapa kaum liberal yang sangat naif menyerukan agar anarkis jangan lagi mengenakan topeng mereka. Tapi hal itu sangat merugikan bagi para anarkis yang bertujuan untuk tetap menjadi anonimus atas berbagai alasan. Dan alasan utamanya adalah bahwa pada kenyataannya polisi selalu melakukan perekaman melalui video atas aksi-aksi yang dilakukan serta menyimpannya dalam file-file. Penutup muka mempromosikan anonimus dan egalitarian, hal tersebut juga melindungi identitas siapapun yang melakukan aksi-aksi ilegal ataupun yang melarikan diri dari kejaran polisi keesokan harinya.

Bagaimana tipikal taktik-taktik Black Bloc?

Taktik sangatlah variatif dari aksi ke aksi. Beberapa di antaranya termasuk unaresting (usaha pelepasan kembali mereka yang tertangkap) dan melakukan arm-linking (rantai manusia dengan bergandengan tangan). Unaresting adalah di mana para anarkis Black Bloc berusaha melepaskan orang-orang yang melawan saat mereka ditangkap. Hal ini biasanya berhasil apabila jumlah partisipan aksi lebih besar daripada jumlah polisi. Hal ini juga berhasil karena kebanyakan polisi terkejut melihat para aktivis akan berusaha membebaskan seseorang. Arm-linking membantu barisan aktivis untuk tetap solid dan membuat polisi makin sulit untuk memecah barisan. Ini adalah salah satu formasi yang dipelajari dari polisi, hanya ini bersifat spontan dan sangat organik.

Apa ada bacaan yang direkomendasikan yang berhubungan dengan ide-ide lahirnya Black Bloc?

Baca saja The Subversion of Politics: European Autonomous Social Movements and the Decolonization of Everyday Life tulisan George Katsiaficas yang diterbitkan oleh Humanities International Press.

0 komentar: