Jumat, 19 Februari 2010

MEMBELA BLACK BLOC: SEBUAH KOMUNIKE DARI PARA PENENTANG OLIMPIADE

14 Februari 2010 – Vancouver, Coast Salish Territories

Pada tanggal 12 dan 13 Februari 2010, ribuan orang datang dengan berani melawan negara polisi Olimpiade 2010 dan perusahaan yang telah melakukan penjarahan lahan dan semakin memperdalam kemiskinan. Kami menulis pernyataan ini sebagai peserta dan organiser kehadiran black bloc pada peristiwa yang dikenal sebagai "Take Back Our City" dan "2010 Heart Attack."

Pada 12 Februari, Kepolisian Vancouver mencoba meredakan kami dengan kekuatan polisi berkuda. Keesokan harinya selama 2010 Heart Attack, polisi anti huru hara dikerahkan dengan bersenjatakan senapan serbu karabin M4. Mereka mengklaim bahwa ini adalah tindakan yang perlu dilakukan untuk menghentikan parade yang dapat "membahayakan keselamatan umum"-tapi satu-satunya ancaman terhadap keselamatan publik justru di tangan mereka sendiri. Peserta dalam demonstrasi hanya melakukan serangan strategis terhadap perusahaan-perusahaan yang mensponsori Olimpiade dan tidak membahayakan atau menyerang para pengamat.


Media sekarang lebih sibuk mencela kekerasan politik dari penghancuran properti, seperti perusakan jendela Perusahaan Hudson's Bay, seolah-olah itu adalah satu-satunya tindak kekerasan yang terjadi di kota ini. Mereka lupa bahwa kekerasan ekonomi terjadi setiap hari di Vancouver. Orang-orang menderita dan mati dengan alasan-alasan yang harusnya dapat dicegah karena ternyata kesejahteraan tak cukup untuk membayar sewa, makanan atau obat-obatan, dan karena pemerintah secara rutin mengabaikan kondisi darurat medis bagi mereka yang miskin atau individu tunawisma. Kekerasan ekonomi ini menjadi lebih buruk ketika kita harus kehilangan perumahan dan pelayanan sosial karena Olimpiade.

Sebagai tanggapan terhadap serangan ini, ribuan orang turun ke jalan, dan ratusan orang bergabung dengan apa yang dikenal sebagai black bloc.

Black Bloc bukan organisasi formal, ia tidak memiliki kepemimpinan, keanggotaan atau kantor. Sebaliknya, black bloc adalah taktik: ini adalah sesuatu yang orang *lakukan* dalam rangka untuk mencapai tujuan spesifik. Dengan mengenakan pakaian hitam dan menutupi wajah, black bloc memungkinkan perlindungan yang lebih kepada mereka yang memilih untuk secara aktif membela diri. Mayoritas orang yang terlibat dalam blok hitam tidak ikut serta dalam penghancuran properti. Namun, dengan turut menutup wajah, mereka mengungkapkan solidaritas dengan mereka yang memilih terlibat aksi langsung otonom terhadap perusahaan-perusahaan, penguasa dan politisi yang menyatakan perang terhadap komunitas kita.

Partisipasi dalam black bloc adalah tindakan yang penuh keberanian. Dengan hanya pakaian di punggung dan penutup muka di wajah, kami turun ke jalan melawan pasukan kepolisian terbesar yang pernah ada dalam "masa damai" di Kanada. Dilindungi hanya oleh kain hitam dan dukungan dari kawan-kawan kami, kami berdiri di depan polisi anti huru-hara yang bersenjatakan senapan serbu, pistol dan pentungan.

Kami telah membuktikan bahwa "keamanan" senilai 1 miliar dollar tidak dapat mencegah kami dari menyumbat jantung kota Vancouver dan merusak pesta 100.000 orang --dan dapat lolos dengan itu semua.

Anda tidak pernah tahu siapa saja yang bersama black bloc akhir pekan ini, tetapi Anda telah mengenal kami. Kami adalah orang-orang yang mengorganisir komunitas potlucks (berbagi dan makan bersama), yang menari selama festival jalanan, yang membuat pertunjukan seni, mempertahankan tanah, membangun koperasi, bersepeda dan berkumpul ditaman-taman. Ketika kami memakai pakaian hitam kami, kami bukan ancaman bagi Anda, tapi bagi pare elit.

Siapa pun Anda, suatu hari Anda akan bergabung dengan kami. Selama pemerintah dan korporasi masih menyerang komunitas kita, kita akan bertahan --dan itu artinya menyerang.


Tertanda,


dua organiser dan peserta dalam kehadiran anarkis pada demonstrasi "Take Back Our City" dan parade jalanan "2010 Heart Attack", Februari 2010, Coast Salish Territory.

0 komentar: